Senin, 10 Juni 2019

Tutorial menggunakan fasilitas Mail Merge Microsoft Word dalam membuat surat masal

Assalamu'alaikum warohmatullahi wa barakatuh

     Membuat surat hampir setiap lembaga atau individu melakukannya, baik secara Resmi atau tidak resmi. apa lagi pada saat ini tentu membuat surat sudah sangat mudah dengan berkembang pesatnya teknologi. Nah pada kesempatan kali ini saya akan berbagi bagaiman membuat surat secara masal dengan nama surat yang berbeda-beda dengan Mail Merge sehingga lebih praktis.

Membuat surat masal dengan Mail Merge
1. Buat format surat (sesuai kebutuhan anda)
2. Pada manu Bar pilih Mailings
3. Kemudian Klik Select Recipients  ->  Type New List  ->  Customize Columns
4. Di dalam Customize Columns terdapat Field Names, semuanya di deleted  ->  klik Add, untuk membuat field names baru (NAMA, ALAMAT dll)  ->  Klik OK.
5. Setelah data di save  ->  klik Use Existing  ->  Klik data yang sudah di Save  ->  Open
6. Kemudian klik Insert Merge Field pada NAMA Surat atau Alamat Surat (sesuai kebutuhan).

Cara mengedit data yang salah
1. Klik Edit Recipient List  ->  Klik data yang ingin kita edit  ->  Klik Edit
2. Mengedit data sama seperti contoh di atas.


Cara melihat nama-nama dari penerima surat yang ada dilembar kerja:
1.      Klik toolbar Preview Result pada menubar Mailings -> Klik tanda Panah dan cek nama dan alamat penerima surat
2.      setelah dicek dan benar, bisa langsung diprint dengan klik toolbar finish & Merge -> Klik Ok

Semoga bermenfaat, Terima Kasi
Wassalamu'alaikum Warohmatullahi Wa Barakatuh

Tidak ada komentar:

Posting Komentar